Perbedaan Bedak Bayi Padat VS Bedak Bayi Tabur, Pilih yang Mana?

Bayi atau balita memang selalu membutuhkan perlakuan yang hati-hati, termasuk untuk urusan kulit. Bayi memiliki kulit yang lebih sensitif terhadap beberapa hal, seperti cuaca atau suhu, panas matahari langsung, air, hingga bedak bayi. Bedak bayi sendiri ada dua jenis, yakni bedak padat dan tabur.

Mengenal bedak padat dan bedak tabur untuk bayi

Bedak padat padat dan bedak tabur memang komposisinya tidak jauh berbeda, akan tetapi keduanya mempunyai perbedaan saat diaplikasikan pada kulit bayi. Berikut beberapa perbedaan bedak padat dan bedak tabur:

1.     Iritasi Kulit Karena Bedak Padat

Dalam pembuatannya, bedak padat diproses dengan bantuan suatu zat yang padat. Nah, efek dari zat padat ini akan menyumbat lapisan kulit bayi. Sehingga kulit bayi akan tersumbat jika saat berkeringat diberi bedak padat ini.

Seperti kulit orang dewasa, kulit bayi juga harus bernapas. Akan tetapi, seperti yang dikatakan oleh dokter Arsy, dokter spesialis kulit dan kelamin dari  Bamed Skincare bahwa saat menggunakan bedak padat, keringat yang seharusnya keluar akan tersumbat dan kulit tidak bisa bernapas.

2.     Bedak Tabur Mengganggu Pernafasan

Bedak padat memang kurang baik untuk kulit, tapi bedak bayi tabur juga memiliki kekurangan yang dapat mengganggu kesehatan si bayi. Penggunaan bedak tabur yang tidak hati-hati akan menyebabkan pernapasan bayi terganggu.

Jika bayi diberi bedak tabur terlalu banyak dan terhirup oleh bayi, bedak tersebut akan masuk ke dalam paru-paru dan mengganggu sistem pernapasan. Oleh karena itu, saat memberi bayi bedak tabur, terutama pada bagian muka, jangan aplikasikan terlalu banyak.

Seperti yang sebutkan oleh American Academy of Pediatrics, bahwa bedak tabur juga berbahaya karena bayi bisa menghirup partikel-partikel dalam bedak yang mana dapat merusak paru-paru.

3.     Bedak Padat Lebih praktis

Memang jika untuk bepergian, bedak padat akan lebih praktis saat dibawa. Tidak seperti bedak tabur yang memerlukan wadah sendiri. Bedak padat sudah lengkap dengan wadah, spons, hingga cerminnya. Saat Anda terburu-buru “mendandani” si kecil, bedak padat juga sangat simple dan mudah digunakan.

Bedak padat dan bedak tabur memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Setiap bayi terkadang menunjukkan respon berbeda dari suatu brand bedak bayi. Sehingga, selain karena beberapa kekurangan kedua jenis bedak tersebut, pilih juga bedak yang paling cocok untuk si bayi.

Namun, sebaiknya penggunaan bedak tersebut dikurangi, khususnya penggunaan pada bagian wajah. Meski bedak digunakan untuk mengurangi keringat berlebih pada bayi, alangkah baiknya Anda menghindari bedak jika tidak sangat diperlukan. Gunakan saja bedak pada bagian tubuh (selain kepala dan wajah) dan tidak digunakan dalam jumlah terlalu banyak dan sering.

Baik bedak yang berbentuk padat maupun bedak tabur yang bisa Anda temukan di berbagai toko perlengkapan bayi atau toko online seperti Orami dan online shop lainnya.