5 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Bermain Balon

Balon huruf merupakan salah satu variasi balon yang dijual di pasaran tanah air. Jenis balon ini biasanya digunakan untuk dekorasi perayaan, media pembelajaran, juga untuk bermain anak-anak.

Balon memang identik dengan anak-anak dan keceriaan. Warna dan bentuknya yang beraneka ragam memang bisa dijadikan sebagai alat bermain. Bahkan banyak orang dewasa yang juga suka bermain balon. Biasanya balon diisi dengan udara, salah satunya helium yang bisa membuat balon melayang.

Perhatikan ini Saat Bermain Balon

 Dilihat sekilas balon memang bukan mainan yang berbahaya, tapi dalam keadaan tertentu ternyata juga bisa membahayakan. Oleh sebab itu, ketika bermain balon ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Seperti yang berikut ini:

1.     Dampingi Anak Saat Bermain Balon

Ketika anak usia 8 tahun ke bawah sedang bermain balon sebaiknya orangtua selalu memperhatikan. Sebab balon bisa saja menimbulkan hal-hal yang berbahaya bagi anak. Misalnya saat anak memainkannya dan balon meletus, bisa membuat efek kejutan bagi anak.

Biasanya anak akan menangis, tapi di kondisi tertentu kejutan bisa berakibat fatal untuk beberapa anak. Selain itu, ketika anak menggunakan pompa untuk meniup balon ada kemungkinan terjadi kecelakaan sehingga harus selalu diperhatikan.

2.     Perhatikan Peletakan Balon

Balon merupakan benda yang mudah meletus akibat terkena panas berlebihan, gesekan, atau tekanan. Oleh sebab itu, benda ini harus diletakkan di tempat yang tepat agar tidak tiba-tiba meledak atau mengempis.

Anda bisa menyimpannya di tempat yang sejuk dan jauhkan dari benda tajam. Lebih baik menyimpan balon di dalam ruangan di bagian dekat dinding tapi berjauhan dengan benda lainnya yang bisa membuatnya pecah atau mengempis.

3.     Saat Meniup Perhatikan Bahan Pembuat Balon

Ketika meniup balon, Anda juga harus memperhatikan bahan pembuatnya. Apabila dari karet bisa meniup hingga menggembung dan berbentuk sesuai dengan bentuk balonnya. Ada yang berbentuk bulat, panjang, hati, dan lain sebagainya.

Untuk balon huruf dan balon dekoratif lainnya biasanya dibuat dari bahan foil sehingga tidak melar apabila ditarik. Jadi, saat meniupnya jangan terlalu kencang. Karena jenis balon ini tidak bisa menggelembung seperti balon karet.

4.     Hati-hati Ketika Menggunakan Pompa

Ketika menggunakan pompa saat menggembungkan balon sebaiknya cek dahulu apakah pompa aman digunakan atau tidak. Apalagi jika anak kecil yang menggunakannya. Pastikan Anda telah memasang pompa dengan benar dan tidak ada kebocoran gas.

Gunakan sesuai dengan petunjuk penggunaan dan awasi apabila anak yang menggunakannya. Kecilkan pengeluaran gas ketika menghubungkan atau mengeluarkan alat pengisian untuk menghindari hal yang tidak diinginkan.

5.     Jika Digunakan untuk Dekorasi, Perhatikan Cara Pemasangan Balon

Apabila Anda menggunakan balon sebagai bagian dekorasi, perhatikan bahan yang digunakan untuk dekorasi bersama balo. Anda bisa menggunakan selotip atau double tape tipis untuk merekatkan balon di berbagai permukaan. Perhatikan pengembangan dan penyusutan suhu karena bisa menyebabkan balon meletus atau mengempis tiba-tiba.

Ketika membuat dekorasi balon bersama anak kecil, Anda harus memperhatikan apa yang sedang dikerjakan anak sehingga kegiatan tersebut tidak menjadi kegiatan berbahaya bagi si kecil.

Menggunakan balon untuk bermain atau sebagai dekorasi ruangan untuk perayaan memang umum dilakukan. Apalagi balon merupakan salah satu benda yang mudah ditemukan di pasaran. Apabila Anda ingin membeli balon huruf sebagai dekorasi bisa mengecek harganya melalui marketplace dan temukan harga paling murah serta pengiriman tercepat.