6 Tanaman Obat Berkhasiat yang Bisa Anda Tanam di Pekarangan


Kesehatan merupakan hal yang sangat penting untuk dijaga oleh semua orang. Selain dengan rutin berolahraga, menjaga pola hidup sehat, dan rutin minum vitamin, Anda juga menjaga tubuh tetap sehat dengan rutin mengkonsumsi berbagai tanaman yang memiliki khasiat baik untuk tubuh.
Berikut beberapa tanaman yang bisa menjadi obat herbal dan bisa Anda tanam sendiri di pekarangan rumah.

  1. Daun sirih
    Daun sirih banyak ditemukan ditanam di pekarangan rumah sebagai tanaman hias karena bentuknya yang cantik. Selain bisa memperindah pekarangan rumah Anda, daun sirih juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan Anda. Tanaman dengan ciri daunnya yang berbentuk lebar dan tumbuh menjalar ini memiliki kandungan vitamin C, niacin, karoten, riboflavin, serta tiamin.

Tanaman ini juga menjadi sumber kalsium dan banyak dimanfaatkan menjadi minyak esensial. Kandungan yang dimiliki daun sirih membuat tanaman ini bermanfaat untuk meringankan sembelit, mengobati batuk atau mimisan, serta mengurangi masalah pernafasan.

  1. Lidah buaya
    Tanaman lidah buaya juga menjadi salah satu tanaman yang banyak ditanam di pekarangan rumah. Bentuknya yang unik membuatnya bisa menjadi tanaman hias pekarangan Anda. Selain itu, lidah buaya juga merupakan bisa tumbuh dengan cepat dan mudah dirawat.

Lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Tanaman ini mampu melancarkan sistem pencernaan, membunuh bakteri dan kuman, serta bisa menghilangkan rasa sakit pada luka luar. Selain untuk kesehatan, lidah buaya juga dikenal dengan khasiatnya untuk kecantikan, seperti untuk menghilangkan jerawat, menghaluskan kulit, dan melembabkan rambut.

  1. Jahe
    Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang sudah terkenal khasiatnya untuk menjaga tubuh tetap sehat. Jahe juga mudah untuk Anda tanam sendiri di pekarangan rumah. Selain memiliki khasiat untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin, jahe juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, menyembuhkan batuk, mengatasi masuk angin, mabuk perjalanan, sakit kepala, serta mengobati luka memar.

Untuk mengolahnya, Anda hanya perlu menumbuk kasar jahe kemudian menyeduhnya dengan air panas. Tunggu hingga jahe mengendap sebelum diminum.

  1. Bunga matahari
    Selain memiliki bentuk dan warna yang cantik untuk menghiasi pekarangan rumah Anda, bunga matahari juga memiliki berbagai manfaat mulai dari biji hingga bunganya. Biji bunga matahari misalnya, memiliki berbagai manfaat seperti mencegah kram otot, osteoporosis, dan diabetes, mengurangi sakit kepala, serta menjaga kesehatan kulit. Selain biji, bunga matahari juga bisa diolah menjadi minyak bunga matahari dan bermanfaat untuk menjadi obat anti inflamasi dan kaya akan kandungan omega-6.
  2. Seledri
    Seledri bisa ditanam dengan mudah pada lahan yang kecil seperti pot atau kantong plastik. Selain bisa menjadi pelezat makanan dengan cita rasanya yang gurih, seledri juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Konsumsi seledri secara rutin akan berkhasiat untuk menjadi obat alami dan menyembuhkan berbagai penyakit asma, diabetes, mata kering, rematik, menurunkan tekanan darah, serta berbagai permasalahan sendi lainnya.
  3. Alang-alang
    Alang-alang biasanya tumbuh liar di pekarangan tanpa perlu ditanam. Meski sering dianggap sebagai tanaman gulma, alang-alang sebenarnya memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Tanaman ini berkhasiat untuk menurunkan demam dan menurunkan tekanan darah bagi Anda yang memiliki tekanan darah tinggi.

Itulah beberapa tanaman herbal yang bisa menjaga tubuh Anda tetap sehat karena memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Tanaman-tanaman tadi juga mudah untuk didapatkan, bahkan Anda juga bisa menanamnya sendiri di pekarangan rumah.
Semoga ulasan di atas bermanfaat ya!